Skip to content

Bicara di depan umum? Siapa takut

November 18, 2009

Bicara di depan publik memang suatu hal yang komplek.Untuk berani tampil bicara di depan umum saja sudah merupakan nilai lebih, apalagi sampai mampu membuat pendengar menangkap apa yang kita sampaikan.

Bagaimana sebernarnya cara untuk berkomunikasi di depan umum biar sukses? Berikut kiatnya:

1.Siap mental

Hal yang paling penting dalam persiapan kita untuk berbicara di depan publik adalah membangun rasa percaya diri dan mengendalikan rasa takut dan emosi kita. Bahkan banyak pakar komunikasi yang mengatakan bahwa persiapan mental jauh lebih penting daripada persiapan materi atau bahan pembicaraan,walaupun persiapan materi sebenarnya juga mempengaruhi kesiapan mental kita.

Siap mental merupakan syarat mutlak untuk sukses bicara di depan umum. Kiat berikut ini bisa membantu kamu untuk siap mental.

-Pastikan kamu beristirahat dan tidur yang cukup menjelang waktu berbicara di depan publik dan majulah dengan sikap optimis dan sukses.

-Lakukan relaksasi untuk mengurangi ketegangan fisik dengan cara melakukan senam ringan. Mustahil menurunkan ketegangan mental sebelum kita mengendorkan otot-otot tubuh kita yang tegang. Seperti yang dikatakan oleh psikolog Amerika yang terkenal Dr. Richard Gillett,” Hampir tidak mungkin masuk ke kondisi  alpha (kondisi gelombang otak atau mental yang relaks) tanpa mengendorkan otot-otot tubuh.”

Peregangan bisa dilakukan dengan cara memegang ujung kaki sambil berdiri membungkuk selama sepuluh detik. Kemudian tarik napas yang panjang dan dalam, tahan beberapa detik, kemudian keluarkan napas pelan-pelan.Selanjutnyakamu bisa batuk sekali atau minum segelas air putih untuk mempersiapkan vokal anda.

-Cara lain yang efektif agar mental siap adalah dengan datang ke tempat pertemuan lebih awal. Dengan demikian kita dapat mengetahui suasana dan keadaan terlebih dahulu. Selanjutnya kita bisa mencari dukungan dari orang-orangyang kita kenal maupun kenalan baru serta dari mereka yang mengharapkan kita sukses tampil.

Mengobrollah dengan mereka sebelum kamu tampil.

Ada beberapa poin yang bisa kita perhatikan dalam mempersiapkan mental sebelum berbicara di depan umum :

l. Berbicara di depan publik bukanlah hal yang sangat menegangkan.

Dunia tidak runtuh jika kamu tidak melakukannya dengan baik. Tidak akan ada hal yang buruk yang akan terjadi  setelah presentasi kamu.Jadi tenangdan relaks saja.

2. Kita tidak perlu menjadi orang yang sempurna ataupun brilian untuk berbicara di depan publik.

3. Siapkan 2-3 poin pembicaraan saja karena audiens akan sulit untuk mengingat atau memperhatikan lebih dari tiga hal dalam satu waktu.

4. Kita harus memiliki tujuan atau sasaran yang jelas dan terarah.

5. Kita tidak perlu menganggap diri kita adalah seorang pembicara publik.

Tuiuan kita adalah menyampaikan pesan kita kepada hadirin.

6.Kta tidak perlu harus dapat sepenuhnya menguasai seluruh hadirin.

Biarkan saia kalau ada beberapa yang tidak menaruh perhatian. Fokuskan perhatian kita pada mereka yang tertarik dan  mendengarkan presentasi kita.

7. Kita harus ingat bahwa sebagian besar hadirin menginginkan kita berhasil dalam penyampaian pesan kita.

2.Verbal atau non verbal

Penyampaian pesan di depan menuntut kualitas komunikasi  verbal dan non verbal yang sama-sama  baik.

Kualitas suara kita merupakan faktor kunci yang menentukan apakah hadirin memperhatikan kita maupun pesan yang kita sampaikan.

Pastikan bahwa suara kamu cukup keras dan jelas terdengar bahkan oleh hadirin yang duduk paling jauh dari anda sekalipun. Jika tersedia, selalu gunakan pengeras suara, meskipun suaramu sudah cukup keras Cobalah dengan berlatih mendengarkan suaramu sendiri. Caranya dengan menutup mata, berbicaralah, kemudian perhatikan kualitas,kekuatan dan kejelasan suaramu.

Bahasa dan kata-kata yang kita gunakan merupakan faktor kunci lain yang rnenentukan kemampuan komunikasi kita .Oleh karena itu perlu sekali bagi kita untuk mempehatikan kata-kata dan bahasa yang kita pilih.

Pikirkanlah kata-kata yang akan kamu gunakan, karena kemampuan berbahasa  yanq buruk akan tercermin pada kualitas penyampaian pesankita. Hindari menggunakan kata-kata yang tidak peru, seperti: “apa itu?”,”Apa namanya?”, “Mmmm…”, Jangan mengucapkan, “Maaf..” jika anda salah mengucap, cukup anda ulangi  sekali lagi kalimat tersebut dengan benar

Ingat pada saat presentasi jangan membacakan makalah atau terpaku pada bahan utama anda. Berbicaralah seakan anda sedang berbicara dengan satu-dua orang saja ,­gunakan kontak mata dan fokuskan perhatian pada mereka yang memperhatikan presentasi kamu. Tetapi sebisa mungkin kamu mempoyeksikan pembicaraan  ke seluruh ruangan dan seluruh hadirin.

Komunikasi non vertal yang meliputi kontak mata, ekspresi wajah, penampilan fisik, nada suara, gerakan tubuh, pakaian juga penting. semuanya memberikan efek atau pengaruh yang cukup besar terhadap penyampaian pesan kita. Para hadirin akan kebingungan ketika bahasa tubuh kita misalnya berbeda dengan bahasa verbal yarng kita ucapkan. Biarkan tubuh kita berkomunikasi juga dengan audiens kita. Bahasa tubuh kita sebagai pembicara atau pengirim pesan dan bahasa tubuh pendengar atau audiens kita dapat membantu atau menghalangi proses komunikasi. Jika hadirin duduk dengan sikap seperti mau tidur atau menunjukkan wajah bosan, berarti kita harus mengubah suasana atau cara kita menyampaikan pesan

3.Alat bantu visual

Untuk meningkatkan kualitas penyampaian pesan , kita harus menguasai  kegunaan dan penggunaan bantu visual seperti misalnya “ infocus”.

Sebagian besar orang lebih mudah menangkap informasi yang berupa gambaran visual dari pada mendengarkan.Kemampuan menggunakan alat bantu visual ini akan memberikan kesan pertama kepada audience bahwat kita siap melakuk.an presentasi.

Gimana jika sekedar OHP pun tidak ada?Gunakan papan tulisan.Tapi sekali lagi jangan terfokus pada alat bantu tersebut.

Jadi dalam penyampaian pesan kepada publik yang paling penting kita adalah bahwa pesan kita dapat tersampaikan kepada penerima dengan baik dan jelas.Berbicara di depan publik bukan ujian ataupun mpengadilan untuk mengadili penampilan,kecerdasan,kecantikan ataupun keluasan pengetahuan kita.Selamat  tampil,moga sukses.

One Comment leave one →
  1. dwi endah permalink
    Desember 10, 2009 7:23 pm

    thank you very much
    wacananya ngebantu banget buat aku yang lagi persiapin buat PIDATO di sekolah aku
    tipsnya ok juga, sepertinya efektif

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: